Nafasmu Adalah Riskimu

images 1

Setiap dari mahluk hidup yang ada di dunia ini Allah sudah tetapkan riskinya , dalam firman Allah di sebutkan

وما من دابة في الأرض إلا علي الله رزقها و يعلم مستقرها ومستودعها كل في كتاب مبين ( الهود :6)

Artinya: Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah yang memberikan riskinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata.

 Siapakah dari kita yang tidak merasakan betapa nikmatnya riski Allah yang sering terlupakan yaitu nafas. Dalam bahasa inggris kita menyebutnya breath. Maka tidak jarang disebutkan didalam sebuah muqodimah yaitu berupa pujian kepada Allah SWT di karenakan banyak diantara kita yang sering lupa nikmat Allah yang begitu luar biasa ini.

Di setiap detik manusia dan seluruh mahluk hidup yang ada di muka bumi ini menghirup udara atau bernafas dan itu memang sudah merupakan sunatullah yang tidak bisa kita pungkiri. Sedangkan makhluk yang tidak bernafas bisa di pastikan dia sudah mati. Karena pada hakikatnya semua mahluk hidup yang diciptakan Allah adalah bernafas.

Cara ataupun proses bernafas di setiap mahluk hidup itu juga berbeda, pastinya kita sudah pernah mempelajari sebelumnya saat kita masih berada di bangku SD. Mari kita review kembali bagaimanakah sistem pernapasan pada mahluk hidup. Manusia bernafas menggunakan hidung, ikan-ikan bernafas menggunakan insang, serangga-serangga bernafas menggunakan trakea, hewan melata seperti halnya cacing dan amoba  menggunakan kulitnya sebagai alat untuk bernafas. Lalu muncul pertanyaan apakah tumbuhan juga bernafas? bagaimanakah cara tumbuhan bernafas? jawaban dari pertanyaan diatas adalah benar semua mahluk hidup di dunia ini bernafas termasuk juga tumbuh-tumbuhan, tumbuhan bernafas melalui stomata. Stomata adalah bulu-bulu kecil yang berada di permukaan daun yang berfungsi mengatur pertukaran gas antara Oksigen dan Karbon dioksida pada daun, hal ini diperlukan dalam mengatur jalanya metabolisme seperti fotosintesis dan respirasi anaerobik dalam sel tumbuhan. Ini merupakan bukti bahwa semua makhluk hidup pasti bernafas.

Dari pernyataan diatas kita tahu bahwa proses pernafasan bagi mahluk hidup sangatlah penting dan mahluk hidup akan mati apabila tidak bernafas walaupun hanya beberapa menit saja. Katakanlah kita bisa uji diri kita untuk tidak bernafas selama lima belas menit saja, apa yang akan terjadi? tentu tubuh kita akan terasa lemas, dan bisa jadi kita akan pingsan di karenakan asupan oksigen yang masuk kedalam otak kita terhambat, serta menyebabkan sebagian organ tubuh kita menjadi berhenti bekerja. Sungguh itu sangat berbahaya apabila terjadi pada manusia akan berdampak pada kematian.

Lalu coba kita bayangkan apabila kita sakit dan tubuh kita memerlukan alat tambahan berupa tabung oksigen untuk bernafas tentunya memerlukan biaya yang sangat besar, lalu berapakah biaya yang harus kita keluarkan untuk membayar kenikmatan Allah tersebut pastinya kita tidak mampu untuk membayarnya , dan dengan sifatNya yang maha rohmah, itu semua Allah berikan kepada mahluknya yang hidup di dunia ini dengan gratis (free) maka tinggal bagaimana diri kita bersyukur kepadaNya .

Maka dari itu jangan sampai kita mendustakan nikmatNya walaupun itu hanya hal yang kita anggap kecil dan remeh sekalipun, namun sebenarnya itu sangatlah penting فبأي ألاء ربكما تكذبان   maka nikmat Allah yang manakah yang engkau dustakan? Naudzubillah. Selagi kita masih bisa bernafas berarti Allah masih memberikan riski kepada kita. Maka gunakanlah riski Allah ini untuk menjemput riskiNya yang lain dengan cara bekerja dan giat beribadah kepadaNya. Karena kita tidak tahu kapan Allah akan mengambil nikmat nafas ini dari hidup kita. Apabila nafas kita telah terhenti maka ajalpun akan menghampiri, menandakan jasad ini telah mati, hanya amal kita nanti yang dapat menemani. Wallahu A’lam

JASA TUKANG PARKIR

Siapakah diantara kitaindex yang tidak mengenal sosok yang satu ini, ya tukang parkir atau bisa kita sebut sebagai juru parkir, sebuah pekerjaan yang bisa dibilang cukup mulia dibandingkan mengemis dan meminta-minta. Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang halal karena murni didapatkan dari hasil jerih payah mereka sendiri yaitu dengan mengatur, menyusun dan menjaga kendaraan milik orang yang menitipkan kepadanya hingga dia datang untuk mengambilnya kembali darinya. Sudah banyak tindak kriminal yang terjadi di sekitar bumi pertiwi kita indonesia. Mulai dari curanmor, begal dll. sudah sepatutnya kita waspada akan hal tersebut Maka alangkah baiknya jika ada orang yang mau sekedar menjaga kendaraan berharga milik kita, selagi kita bisa dengan santai berbelanja ke toko-toko ataupun obyek wisata tertentu, tanpa perlu memikirkan kendaraan kita lagi. Dengan tarif yang  cukup miring namun menjamin barang yang bernilai jutaan bahkan ratusan juta rupiah. itu sungguh merupakan pekerjaan yang mulia bukan?.

Disamping itu seorang juru parkir dituntut untuk memiliki sifat-sifat yang mulia. Diantaranya yaitu harus memiliki sifat sabar. Sabar dalam menanti sang pemilik yang memasrahkan motor kepadanya dengan waktu yang unpredictable.  Sabar dalam menjaga motor yang di titipkan agar tidak terjadi kerusakan lecet maupun hilang. Maka dari itu sabar merupakan prioritas utama bagi seorang juru parkir. Yang kedua amanah atau dapat dipercaya. Sifat yang kedua ini tidak kalah pentingnya dari sifat sabar. karena landasan dari kita memarkirkan kendaraan kita tidak lain karena kita mempercayainya, kalo kita tidak mempercayainya, ya pasti kita tidak akan parkir dong hehe. Sifat yang ketiga yaitu bertanggung jawab. Setelah sang juru parkir memiliki sifat sabar dan amanah barulah sifat tangungjawab itu akan muncul sebagai pelengkap dari kedua sifat tersebut. Maka apabila kalian sudah merasa memiliki sifat-sifat diatas silahkan kalian bisa mencobanya 😀

Itulah beberapa sisi baik dari seorang juru parkir, namun ada beberapa hal-hal nih yang menyebalkan dari seorang juru parkir. Diantaranya yaitu jarang mau untuk memberikan uang kembalian, gimana coba kalo pas itu kita bener-bener nggak punya uang kecil atau uang receh di kantong kita, sedangkan sang juru parkir dengan dalih tidak ada kembalian dia enggan mengembalikan sisa uang kita, ya walaupun kisaran seribu atau duaribu sesekali okelah itung2 sedekah, tapi sisa uang kita tetap aja itu hak milik kita yang perlu kita bela dan diperjuangkan hehe. Yang kedua parkir Cuma 5 detik sudah  dianggap seperti parkir dengan durasi sejam, dalam artian parkir bentar maupun lama tetep aja yang namanya parkir ya tetep parkir. Walaupun ketika itu toko yang kita tuju ternyata tutup atau mungkin barang yang kita cari tidak tersedia di toko tersebut eh malah di tagih uang parkir, justru yang ada malah kita berujung emosi dan kesal pada si tukang parkir.

Saran dari saya memang benar juru parkir itu pekerjaan yang mulia tapi disamping itu kita harus sigap menghadapi oknum-oknum menyebalkan diatas dengan cara sebelum bepergian siapkan setidaknya uang kecil atau receh agar kita bisa membayarkan sesuai dengan tarifnya, dan yang kedua ajak temanmu dalam bepergian dan belanja jadi selagi kamu mencari barang yang kamu mau, temanmu bisa menjaga kendaraanmu tanpa harus berdebat dengan oknum juru parkir yang ada di sekitar toko yang sedang kamu kunjungi tersebut.

sekian 😀

Pentingnya Bahasa ASING

imagesBahasa merupakan alat dalam menyampaikan pesan kepada orang lain atau penyampaian  keinginan yang terdapat pada benak seseorang kepada orang lain. Bahasa di dunia ini tentunya sangat banyak dan beragam bentuk, jenis, serta tata aturannya pun berbeda-beda. Bahkan hampir setiap negara memiliki bahasanya sendiri dan mengajarkannya kepada negara tetangga guna mempermudah komunikasi antara keduanya.

Negara yang maju dan terus berkembang akan terus mengupayakan bahasa negaranya agar menjadi bahasa internasioanl diantaranya adalah bahasa inggris yang mana hampir disetiap produk kita akan jumpai susunan kata yang menggunakan bahasa inggris dimulai dari bahan elektronik hingga kendaraan bermotor. Di susul pula negara yang berjuluk tirai bambu yang menginginkan bahasa negaranya menjadi bahasa internasional dunia. Dengan upaya keras yang mereka lakukan, maka tak jarang orang pun ingin mempelajari bahasa china guna memahami produk buatan negara tirai bambu tersebut.

Itulah gambaran singkat mengenai bahasa dan perananya pada kepentingan dunia. Namun sekarang, bahasa juga turut menjadi syarat dalam menentukan kesuksesan seseorang, terlebih lagi bagi mereka yang mana profesinya berhubungan dengan dunia elektronik dan teknologi. Tentu  mereka yang mengusai bahasa Asing akan lebih diutamakann dari pada mereka yang tidak. Lalu bagaimanakah dengan kita sebagai mahasiswa Asing, sudahkah kita menguasainya ? berapakah bahasa yang sudah kita kuasai ? sudahkah kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ?

Untuk saya pribadi karena saya berdomisili di pakistan pada saat ini maka dari itu saya mempelajari bahasa urdu (Bahasa Hindi) bahasa yang biasa di pakai warga pribumi dalam kesehariannya. Bahasa urdu dipakai tidak hanya di pakistan saja tetapi juga negara sekitar pakistan seperti : India, Bangladesh dan sekitarnya. Banyak kesulitan yang saya dapati didalamnya, dari mulai penulisan, pengucapan dan cara membacanya pun sangat sulit, perlu adanya kesabaran dan keuletan untuk memahaminya, tapi itu bukan menjadi alasan untuk saya berhenti dan putus asa, justru sebaliknya dsini saya di tuntut untuk terus berusaha dan sabar guna meningkatkan semangat berbahasa dengan sebaik-baiknya .

Mungkin hanya sekian segelumit coretan mengenai pentingnya bahasa Asing bagi kita  khususnya para Mahasiswa asing atau yang berdomisili di luar negeri dan sangat disayangkan apabila kita tidak mengambil kesempatan yang langka ini dimana kita dapat langsung menerapkan bahasa tersebut kepada orang lain di sekitar kita, hal ini sangat sulit di lakukan apabila kita berada di tanah air Indonesia karena kita akan menggunakan bahasa lokal ataupun bahasa Indonesia, nah di sinilah kesempatan besar itu kita miliki. Dan yang terakhir, semoga semangat kita tetap terus terasah sehingga di masa yang akan datang kelak dengan bahasa yang kita kuasai ini kita akan menjadi pribadi yang berguna bagi umat, nusa dan bangsa, Amiin